Pertanyaan mengenai artikel dan membutuhkan artikel yang belum ada silakan kirim email ke pemdeskarangasem@gmail.com

Sunday, March 3, 2013

Materi Bimbingan Teknis Camat, Perbekel, Lurah Tahun 2012


Dalam rangka penguatan pelaksanaan otonomi daerah di tingkat desa tentunya diperlukan manajemen pemerintahan desa yang baik dan teratur. Pemerintah melalui UU 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan PP 72 Tahun 2005 tentang Desa mengisyaratkan bahwa Pemerintahan Desa haruslah kuat guna mendukung pembangunan di tingkat Kabupaten, Propinsi, dan Pusat.  Dalam hal ini Perbekel, selaku Top Manager di tingkat pemerintahan desa, tentunya harus memiliki pemahaman yang baik terhadap mekanisme dan prosedur manajerial. 

Selain itu dengan munculnya berbagai dinamika sosial dan pemerintahan yang ada saat ini memerlukan koordinasi dan sinergi yang lebih kuat antara pemerintah desa dengan pemerintah atasannya. Berawal dari latar belakang tersebut, BPMD Kabupaten Karangasem selaku jembatan penghubung antara kebijakan Bupati Karangasem dengan program pemberdayaan dan pemerintahan desa melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis dan Fasilitasi dalam Bidang Manajemen Pemerintahan Desa guna memfasilitasi permasalahan tersebut di atas.


Bimbingan Teknis dan Fasilitasi Manajemen Pemerintahan Desa dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan teknis kepada para Camat, Perbekel/Lurah se-Kabupaten Karangasem mengenai manajemen pemerintahan. Adapun materi yang diberikan pada bintek ini adalah :
  1. Kebijakan Pemerintah Daerah tentang Desa, Kelurahan dan Kecamatan;
  2. Perencanaan pembangunan desa
  3.  Pengawasan pemerintahan Desa
  4.  Administrasi desa; 
  5. Keuangan dan kekayaan desa serta tata cara pertanggungjwaban keuangan desa;  
  6. Pelaporan penyelenggaraan pemerintahan desa
 berikut beberapa materi yang dapat di download :

http://www.ziddu.com/download/21724845/MateriPemdes.docx.html

http://www.ziddu.com/download/21724846/makalah-was.docx.html

http://www.ziddu.com/download/21724847/MATERIPAKSEKDA.docx.html

  



No comments:

Post a Comment