Pertanyaan mengenai artikel dan membutuhkan artikel yang belum ada silakan kirim email ke pemdeskarangasem@gmail.com

Thursday, February 28, 2013

Cara Merubah File Word Menjadi File PDF

Kali ini Admin blog ini mencoba memberikan informasi tambahan selain informasi tentang kegiatan Bidang Pemerintahan Desa dan Kelurahan BPMD Kabupaten Karangasem. Mungkin selama ini bagi pembaca sering kebingungan untuk mengubah file Word (Microsoft Office Word) menjadi File PDF. beberapa referensi di internet memberikan rekomendasi dengan menginstal software tertentu.

Saat ini memang banyak beredar software dimaksud, akan tetapi jika kita menggunakan metode tersebut kita mesti menginstal program baru, eh tentunya sebelumnya harus keluar masuk toko mencari software dimaksud (atau minta di teman ... tapi jadi kayak pengemis ya minta-minta hehehehehe)

OK kita kembali ke topik bahasan. Setelah sekian lama berselancar di dunia maya akhirnya saya menemukan cara tanpa instal program lain, tetapi kita membutuhkan koneksi internet. Ok kita ke step nya ya :

1. Nyalakan komputer/laptop dan koneksikan ke internet (hehehehe tentunya)
2. Buka website microsoft download center untuk download Add-in Save As PDF or XPS di _http://www.microsoft.com/download/en/details.aspx?id=7 atau

3. Nah Kemudian Download file nya
4. Setelah Download instal file tersebut lalu ikuti langkah yang diminta
5. nah kalau mau merubah file word ke pdf lebih baik restart dulu deh hehehehehe
6. kalau udah ...... buka salah satu M. O. Word yang anda punya
7. kemudian klik office button >> save as >> pilih PDF or XPS


  1. Selanjutnya anda akan diberi sebuah dialog Publish As PDF or XPS. (tuh seperti gambar di atas)
  2. Pilih folder tempat menyimpan file hasil konversi
  3. Lalu isikan nama file pada kotak File name
  4. Bila anda ingin menyimpan dengan format XPS maka ganti isi kotak Save as type dengan XPS , bila tidak maka biarkan saja PDF
  5. Kemudian pilih Optimasi yang anda gunakan pada Opsi Optimize For.
    • Ada dua pilihan : Standard (Publishing online anda printing) atau Minimum Size (publishing online).
    • Ukuran file Opsi standard akan lebih besar tetapi memiliki kualitas yang lebih bagus, sedangkan untuk Minimum Size memiliki ukuran dan kualitas yang relatif lebih rendah.
  6. Bila telah selesai klik tombol Publish
  7. Tunggu sesaat, proses penyimpanan ke file PDF atau XPS membutuhkan waktu yang bervariasi tergantung pada besar kecilnya ukuran dokumen. Semakin bagus dan semakin banyak gambar atau object akan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama. Selanjutnya file anda siap untuk dipublikasikan ke internet atau media lainnya.

No comments:

Post a Comment